Berikanlah tempat yang semestinya ke Pada anjingmu

4 hal yang Patut dilakukan agar Anjing menerima kehadiran buah hati Tuannya

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa ternyata memiliki hewan-hewan peliharaan tersebut sangat berguna sekali ketika orang yang bersangkutan sedang memiliki balita atau anak kecil.

Dalam penelitian tersebut disebutkan alasannya karena dengan memiliki hewan peliharaan, maka dapat membantu meningkatkan sistem imun pada balita atau anak-anak usia dini.

Namun terkadang, ketika sudah memelihara anjing tersebut sedari kecil dan kemudian beberapa tahun setelahnya baru ada anak bayi yang hadir di tengah-tengah keluarga, anjing akan merasa cemburu atau terusik karena terotorinya terancam dan juga kasih sayang sang tuan akan berkurang drastis kepadanya karena dicurahkan kepada buah hati mereka yang baru itu.

Perkenalkan Anjing mu dengan Sang Buah Hati agar Mereka bisa berteman

Oleh karenanya, untuk mengatasi masalah kecemburuan dan hal-hal sejenis dari sang anjing, maka perlu dilakukan penanganan dan langkah-langkah khusus. Berikut ini adalah tips agar anjing dapat berteman dan menerima kehadiran bayi dari tuannya.

Perkenalan

Tentunya segala hal harus dimulai dengan perkenalan terlebih dahulu. Begitu juga dengan masalah agar anjing dapat menerima dan berteman dengan jabang bayi nantinya. Disarankan untuk memperkenalkan kepada si anjing semenjak dini bahwa akan ada anggota keluarga baru serta sering memperlihatkan perubahan bentuk tubuh karena proses mengandung tersebut.

Memang akan membutuhkan waktu yang relatif lama agar hewan tersebut dapat mengerti karena pada dasarnya dia adalah seekor binatang yang memiliki tingkat kecerdasan berbeda dengan manusia. Namun dengan waktu yang relatif lama tersebut akan dapat membiasakan anjing untuk mengetahui bahwa memang akan ada perubahan dalam struktur keluarga.

Memberikan tempat lain

Selain memperkenalkan, maka mulailah untuk memberikan tempat khusus lainnya kepada anjing jika selama ini berada dalam satu kamar atau tidur bersama di tempat tidur. Biasakan hal tersebut setiap harinya agar anjing dapat mengetahui di mana temaptnya yang semestinya dan tidak akan merasa terganggu.

Tentunya bukan satu hal yang mudah untuk melakukannya terlebih jika anjing tersebut sudah terbiasa untuk tidur di tempat tidur atau di kamar bersama dengan tuannya selama ini. Oleh karenanya, menyuruh dan memberikan pelatihan khusus mengenai hal ini juga harus dilakukan secara bertahap dan tentunya dengan kesabaran tinggi. Kamu juga boleh memberikan hadiah atau reward jika anjing tersebut sudah mulai terbiasa untuk tidur di tempatnya yang lain.

Mengurangi playing time

Setiap anjing yang sudah memutuskan untuk setia kepada tuannya, maka dia akan sangat manja dan selalu minta untuk disayang atau bermain bersama. Nah, ketika si buah hati lahir, maka seperti yang disebutkan di atas, akan ada sisi kecemburuan dari sang anjing karena kehadiran orang baru di dalam rumah dan menyita perhatian sang tuan. Oleh karena itu, biasakan kepada hewan tersebut untuk tidak selalu menurutinya ketika dia ingin bermain atau sejenisnya. Terapkan waktu-waktu khusus untuk hal tersebut. Dan usahakan pembiasaan hal itu mulai dilakukan sejak semester pertama kehamilan.

Mulai perkenalkan sejak dini

Saat bayi telah lahir, maka perkenalkan sang buah hati itu kepada anjing sejak dini. Biarkan dia mengendus-endus aroma atau bau tubuh khas bayi agar mengetahui bahwa dia adalah tuan barunya. Biasanya memang akan sedikit lama dari anjing untuk dapat mengetahui bahwa si bayi merupakan tuan baru, akan tetapi dari bau sang ayah yang menempel di badan atau baju, maka anjing akan mengetahui bahwa memang anak kecil yang sedang mendapatkan perhatian lebih itu merupakan anggota keluarga juga.

About the author: Eugene Turner