6 Anjing Terbesar dan Terkecil di Dunia

Semua di dunia ini pastinya ada titik keseimbangan, seperti ada jantan dan betina, ada kiri dan kanan, ada atas bawah atau pun ada kecil dan besar. Hal tersebut terjadi di semua hal, termasuk juga dalam dunia anjing di mana ada jensi anjing yang besar dan kecil. Nah, berikut ini adalah 6 jenis anjing terbesar dan terkecil di dunia

Jenis-jenis anjing terkecil di dunia

Pomeranian

Pomeranian adalah jenis anjing terkecil di dunia yang menduduki urutan ke-3. Jenis anjing satu ini memiliki berat hanya 1,9 sampai dengan 3,5 kilogram saja. Pomeranian atau juga kerap hanya disebut dengan nama ‘poms’ ini sangat lucu dan memiliki kecerdasaan yang cukup tinggi. Hanya saja, jika kamu ingin memeliharanya, maka harus memperhatikan masalah bulunya karena Pomeranian ini adalah anjing dengan bulu cukup lebat. Jika tidak dirawat, maka selain mudah rontok, bulunya juga akan kusut.

Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier adalah anjing rumahan yang sangat terkenal dan banyak orang yang memeliharanya. Anjing yang hanya memiliki berat tidak lebih dari maksimal 2,3 kilogram ini memiliki bulu berwarna coklat dan hitam yang sangat lebat juga lembut sampai menutupi sebagian dari muka dan wajahnya. Anjing satu ini memiliki ciri khas kepala yang kecil dengan mata hitam serta telinga berbentuk huruf V.

Chihuahua

Rekor anjing terkecil di dunia didapatkan oleh jenis Chihuahua. Anjing satu ini memiliki berat antara 0,9 sampai 2,7 kilogram saja. Anjing yang aslinya berasal dari Meksiko ini mendapatkan namanya karena memang ditemukan pertama kali di sebuah kota bernama Chihuahua di Meksiko. Chihuahua memiliki kepala yang bulat, telinga yang terus tegak dan mata yang juga bulat. Ada jenis Chihuahua yang memiliki bulu pendek dan ada pula yang cukup panjang.

Jenis-jenis anjing terbesar di dunia

Scotish Deerhound

Scotish Deerhound adalah anjing dengan bulu kusut dan berkaki jenjang yang cukup panjang. Seperti namanya, anjing ini berasal dari Skotlandia yang mana digunakan oleh warga lokal untuk berburu rusa pada zaman dahulu. Selain besar, Scotish Deerhound memiliki kecepatan dan kekuatan yang cukup besar. Dalam keadaan berdiri, anjing ini memiliki tinggi mencapai 32 inci dengan berat sampai 110 pound.

Neapolitan mastiff

Urutan kedua sebagai anjing terbesar di dunia adalah didapatkan oleh jenis anjing mastiff yang dikenal dengan nama Neapolitan atau Neapolitan mastiff. Anjing ini berasal dari Italia bagian selatan dan sering digunakan sebagai anjing penjaga oleh pemeliharanya. Neapolitan mastiff yang jantan memiliki tinggi 26 sampai 31 inci dengan berat antara 130 sampai 155 pound. Sedangkan untuk yang betina memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari yang jantan, beratnya pun hanya 110 sampai 130 pound saja. Kemampuannya ketika bertugas sebagai anjing penjaga adalah mampu mengendap-endap tanpa terdeteksi jika ada seseorang yang tidak dikenal memasuki area yang menjadi tanggung jawabnya.

Great Dane

Memiliki tubuh mirip dengan Scotish Deerhound, Great Dane adalah jenis anjing yang memiliki tubuh langsing dengan kaki-kaki panjang. Anjing ini merupakan hasil persilangan antara English mastiffs dan Irish wolfhounds. Berat dari anjing ini adalah mencapai 100 sampai 120 pounds dengan tinggi yang terhitung dari tanah sampai bagian tertingginya antara 28 sampai 30 inci. Untuk saat ini, rekor anjing tertinggi dimiliki oleh seekor Great Dane bernama Zeos yang ketika dalam posisi berdiri memiliki tinggi sampai dengan 44 inci.

About the author: Eugene Turner