Bahan Alami untuk usir Kutu pada Anjing Peliharaan Anda

Bahan Alami yang dapat digunakan untuk Usir dan Eliminasi Kutu Pada Anjing

Seperti yang kita ketahui, setiap hewan pastinya memiliki kutu di balik bulu-bulu mereka. Biarpun sudah dimandikan secara teratur atau mendapatkan perawatan yang bagus, namun tetap saja kutu-kutu yang merupakan seekor tungau tersebut akan ada. Hanya perbedaannya antara hewan yang terawat dengan yang tidak adalah jumlah dari kutu atau tungan yang dimiliki atau yang bersembunyi di balik bulunya itu.

Bagi Anjing Terawat Jumlahnya kutu tidak sebanyak dibanding Anjing biasa

Hewan-hewan peliharaan yang sering diserang kutu selain kucing adalah anjing. Ketika seekor anjing telah diganggu oleh parasit kecil seperti ini, maka akan memunculkan rasa yang luar biasa gatal di daerah bekas gigitan kutu tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan memunculkan mikro-abses atau tertularnya penyakit lain seperti anaplasmosis, lyme, piroplasmosis sampai dengan ehrlichiosis.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membasmi kutu-kutu tersebut dari anjing peliharaan.

Sari cuka apel

Sari Cukai Apel Ini dapat membasmi kutu Anjing dan Kutu akan menghindar

Ketika difermentasikan, apel dapat menghasilkan kandungan alkohol yang cukup tinggi namun masih dalam taraf aman untuk terkena atau terhirup oleh manusia. Dari hasil fermentasi berupa sari cuka apel tersebut, maka dapat digunakan untuk membasmi kutu pada anjing. Memang secara umum sari cuka apel tidak dapat membunuh kutu-kutu yang ada, namun parasit kecil tersebut akan menghindar ketika mencium bau dari hasil fermentasi buah apel itu.

Cara menggunakannya adalah campurlah sari cuka apel tersebut dengan air sampai akhirnya berasa asam. Kemudian, balurkan ke tempat-tempat biasa anjing menggaruk tubuhnya. Dapat pula jika memang berkenan untuk membalurkannya ke seluruh tubuh anjing dan tunggu beberapa saat, lalu mandikan menggunakan sampo atau sabun khusus anjing. Lakukan hal tersebut setidaknya 2 kali seminggu.

Lemon

Lemon Ini juga bersifat membasmi Kutu usahakan tidak terkena mata

Lemon juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kutu pada anjing. Walaupun masih dirasa cukup aman terhadap manusia, namun harap diperhatikan dalam penggunaannya agar tidak sampai mengenai mata, karena akan menimbulkan rasa perih.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus satu atau beberapa lemon yang sudah dipotong-potong selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan airnya atau setidaknya diamkan selama satu jam. Setelah itu, gunakan air rebusan lemon tersebut dengan cara menyemprotkannya ke tubuh anjing atau daerah-daerah yang ditengarai menjadi pusat atau sarang kutu.

Rosemary, potongan kecil kayu cedar dan daun nimba

Ketiga bahan tersebut sangat tidak disukai oleh kutu karena baunya sangat menusuk sekali bagi mereka. Untuk itu, gunakan ketiganya, tidak dengan mencampurnya, untuk mengatasi masalah kutu pada anjing. Caranya seperti pada lemon, yaitu dengan merebusnya dan kemudian didinginkan agar airnya dapat digunakan sebagai sarana memandikan anjing.

Rosemary sendiri memang dipercaya sejak sedari dulu sebagai pembasmi kutu alami, sedangkan kayu cedara adalah tumbuhan konifer dari genus Cedrus yang endemik Himalaya atau asli dari pegunungan tertinggi di dunia itu dan daun nimba dengan nama latin Azadirachta indica adalah tumbuhan yang sering digunakan untuk mengusir hama tanaman.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, masih ada hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk dapat meminimalisir munculnya kutu, yaitu dengan cara memandikan anjing setidaknya 1-2 minggu sekali. Gunakan juga sampo dan sabun anjing anti-kutu yang dapat dibeli di petshop terdekat.

Kamu juga dapat menggunakan obat-obatan khusus, seperti capstar yang diklaim dapat membunuh kutu-kutu tersebut hanya dalam waktu 24 jam saja. Khasiat dari obat tersebut akan keluar dari pori-pori kulit dan langsung membunuh kutu dalam waktu singkat. Tidak hanya itu saja, kamu juga wajib memperhatikan kebersihan dari kandang anjing tersebut.

About the author: Eugene Turner