beberapa tips sederhana buat Anjing Patuh dan menurut

Dibandingkan dengan hewan-hewan darat lainnya, seperti kuda, hamster sampai dengan kucing, anjing adalah hewan yang menduduki peringkat atas untuk dapat dilatih secara cepat dan memiliki kepatuhan serta kesetiaan luar biasa kepada tuannya.

Namun ada kalanya anjing memiliki kehendak lain dan berperilaku di luar keinginan sang pemilik. Oleh karenanya, dibutuhkan cara khusus untuk dapat membuatnya patuh dan menurut. Bagaimanakah melakukan cara yang dimaksud? Berikut penjelasan singkatnya.

Bangunlah hubungan

Hal ini dapat diterapkan untuk anjing baru yang sudah dewasa terutama yang masih kecil. Kamu wajib membangun sebuah hubungan yang memunculkan keterikatan batin antara diri sendiri dengan anjing. Banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dengan sering mengajak anjing tersebut berkomunikasi walaupun dia pastinya tidak akan menjawab apa yang kamu tanyakan atau katakan.

Dalam berkomunikasi, gunakanlah gerak tubuh, perubahan mimik muka sampai dengan pengaturan intonasi suara dalam berbicara atau memberikan perintah. Dengan seringnya kamu melakukan hal ini, maka secara tidak langsung, anjing tersebut akan merekam apa yang dilihatnya sehari-hari dalam memori otaknya.

Selain itu, berikan juga kelembutan serta kasih sayang kepada hewan tersebut sebagai tanda bahwa kamu memang menyayanginya, seperti memeluknya, bermain dengannya atau apapun yang dapat dilakukan dan membuat hewan tersebut merasa nyaman berada di dekatmu.

Terapkan reward and punishment

Seperti halnya mengasuh dan mendidikan seorang anak, kamu juga dapat menerapkan metode pemberian reward and punishment kepada anjing agar dia mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ketika sang anjing melakukan sesuatu yang bagus atau baik, maka jangan ragu untuk memberikan pujian atau bahkan hadiah. Akan tetapi ketika dia berbuat salah, maka berikan dia hukuman. Hanya saja, jangan menggunakan hukuman fisik kepada hewan tersebut karena justru akan mencederai jalinan hubungan yang sudah teranyam bagus itu.

Ajaklah beraktivitas

Seperti halnya selalu mengajak anjing itu berkomunikasi, kamu juga dapat terus mengajaknya beraktivitas, seperti berjalan-jalan pada waktu pagi atau sore, berenang sampai dengan berolahraga lain bersama. Dengan mengikutsertakannya dalam aktivitasmu sehari-hari, maka secara tidak langsung juga dapat membangun rasa percaya dari anjing itu sendiri dan juga membuatnya merasa diperhatikan.

Kenalilah anjingmu secara menyeluruh

Selain membangun hubungan, kamu juga wajib mengenali karakter dan sifat dari anjing tersebut. Setiap anjing memiliki karakter dan sifat berbeda-beda, oleh karenanya, ketahui terlebih dahulu. Dari situ, kamu dapat menerapkan apa yang menurutmu tepat dengan menyesuaikan dari karakter serta sifat sang anjing.

Selain karakter dan sifatnya, kamu juga harus mengerti mengenai mood dari anjing tersebut. Jangan memaksa hewan peliharaanmu itu untuk melakukan sesuatu yang tidak dia inginkan atau ketika dia sedang dalam kondisi mood kurang bagus. Kamu juga harus mengerti kemampuan yang dimiliki anjing tersebut agar dapat kamu latih untuk menjadi lebih baik lagi.

Konsisten

Anjing adalah hewan yang pintar dan selalu merekam apa yang dilakukan atau diucapkan dan diperintahkan tuannya setiap hari. Oleh karena itu, bersikap konsistenlah dalam melakukan segala sesuatu, termasuk dalam hal pemberian perintah.

Jangan berubah-ubah hanya karena merasa kasihan karena justru hal tersebut membingungkan hewan itu. Selain itu, dalam pemberian perintah, jangan dilakukan secara berulang-ulang. Cukup berikan perintah satu kali saja agar dia tidak bingun nantinya.

Sabar

Tentunya dikarenakan yang harqus dilatih agar patuh dan menurut bukanlah seorang manusia melainkan seekor anjing, maka otomatis dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam melakukannya.

About the author: Eugene Turner