Biar Bulu Anjing Kesayanganmu Tak Berbau, Lakukan Hal Ini

Siapa yang memelihara anjing? Hewan satu ini memang tak salah jika disebut sebagai sahabat manusia. Anjing terkenal sebagai hewan yang sangat bersahabat dan mudah diajari. Nah, sayangnya ada banyak perawatan juga yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi anjing agar tetap sehat. Masalah yang paling banyak dihadapi oleh pemillik anjing adalah bulu yang berbau. Hal ini tentu sangat mengesalkan, karena bulu anjing adalah sasaran terbaik untuk dielus dan dicium.

Nah, ada beberapa cara yang bisa menghindarkan bulu anjing dari bau tak sedap. Seperti ini caranya:

Mandikan secara teratur

Penyebab utama dari bau yang ada pada bulu anjing adalah kotoran dan kencingnya yang menempel dalam waktu lama. Nah, untuk menghilangkan kotoran dan kencing ini tentu tak ada cara lain yang bisa dilakukan kecuali memandikannya. Untuk memandikan anjing, kamu bisa membawanya ke pet shop. Tapi bisa juga sebenarnya dilakukan sendiri di rumah asalkan memperhatikan tata caranya dengan baik, misalnya gunakan air hangat kuku, pakai sabun dan shampo khusus anjing, serta jangan lupa menyisir dan mengeringkan bulu anjing dengan maksimal.

Memotong bulu anjing

Bulu yang terlalu panjang akan rentan menggumpal, apalagi kalau sudah ada kotoran yang ikut menyempil di dalamnya. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu menyisir bulu anjing secara teratur. Kalau merasa bulu sudah terlalu panjang dan susah diuraikan, maka lakukan pemotongan pada bulu anjing. Jangan khawatir, bulu yang dipotong akan tumbuh lagi dengan lebih sehat. Tapi pastikan kamu memotong bulu dengan rapi supaya anjing tidak terlihat aneh.

Berikan parfum anjing

Kalau Anda bisa memandikan anjing ke pet shop, pasti menyadari bahwa aroma wangi yang menempel pada bulu anjing jauh lebih kuat dibanding sabun dan shampo biasa. Hal ini disebabkan adanya parfum khusus yang diberikan pada bulu anjing untuk membuatnya lebih wangi. Tapi jangan coba-coba memberikan parfum manusia untuk anjing, ya. Sebab kulit anjing jauh lebih sensitif dan bisa saja mengalami alergi jika bersinggungan dengan bahan kimia yang terkandung dalam parfum manusia.

Cermati makanan yang dikonsumsi

Bau pada anjing bisa jadi bukan hanya dari bulunya tapi juga dari tubuhnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Ada makanan khusus untuk anjing yang bisa kamu berikan dan sebisa mungkin hindari untuk memberi makanan yang tidak dianjurkan. Makanan merupakan salah satu penyebab alergi terbesar pada hewan seperti anjing sehingga harus benar-benar diperhatikan pemilihannya. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum membelikan makanan atau camilan tertentu untuk anjing.

Pisahkan wadah kotorannya

Sebab lain yang bisa membuat bulu anjing berbau adalah karena ia terbiasa tiduran di sekitar kotorannya sendiri. Saat kotorannya menempel di bulu dan kemudian mengering, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, usahakan untuk menjauhkan wadah kotoran dari kandang atau tempat beristirahat anjing supaya kotoran tidak sampai menempel di bulunya.

Nah, dengan cara-cara tersebut dibanding bulu anjing kesayanganmu akan terhindar dari bau tidak sedap. Jangan lupa memeriksakan kondisi kesehatan anjing ke dokter secara teratur untuk mencegah adanya penyakit yang tidak diketahui. Jangan biasakan juga anjing untuk berkeliaran di luar rumah supaya bulunya tak mudah kotor. Selamat bersenang-senang dengan anjing kesayangan!

About the author: Eugene Turner