Cara Memelihara Anjing yang Tepat

Cara Memelihara Anjing yang Tepat

Rhiannon-Cavaliers – Memiliki anjing untuk dipelihara memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang memang pecinta binatang atau bahkan pecinta anjing garis keras. Namun, jangan hanya sibuk menikmati kebahagiaan memiliki sahabat setia yang lucu seperti anjing.

Sibuk jugalah untuk melakukan pemeliharaan terhadap anjing kesayangan Anda. Salah dalam perawatan bisa mengakibatkan hal buruk terjadi. Oleh karena itu, ketahuilah bagaimana cara memelihara anjing yang tepat. Kali ini akan diulas tentang beberapa cara memelihara anjing yang tepat. Coba lihat apakah perawatan Anda terhadap anjing kesayangan selama ini sudah tepat atau belum. Juga bagi Anda yang tengah berniat untuk memelihara anjing. Alangkah lebih baik jika mempelajari bagaimana cara perawatan anjing lebih dahulu sebelum benar-benar membeli anjing favorit.

Berikut adalah beberapa “Cara Memelihara Anjing Yang Tepat”

pastikan kebutuhan makan, minum, dan tidurnya terpenuhi dengan baik

  • Pertama, pastikan kebutuhan makan, minum, dan tidurnya terpenuhi dengan baik. Ketika Anda baru memelihara anjing, maka langkah pertama yang perlu untuk dilakukan adalah dengan menentukan area anjing peliharaan Anda makan, minum, dan tidur. Tentu Anda tidak ingin seluruh rumah menjadi berantakan akibat makanan, minuman, atau kotoran dan bulu-bulunya. Kemudian, jangan lupa untuk rutin memberikan anjing peliharaan makan dan minum. Sebisa mungkin berikan makanan dengan sering dan selalu sediakan air minum untuknya. Juga pastikan bahwa makanan anjing yang Anda berikan memenuhi nutrisi si anjing. Anda mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter hewan ataupun menanyakannya pada penjual makanan anjing. Sementara untuk tempat tidur, pastikan tempat tidur yang Anda buat nyaman untuk anjing peliharaan. Baca mengenai resep masakan di sini: masakandananekakue.blogspot.com

latih anjing untuk terbiasa melakukan berbagai hal

  • Kedua, latih anjing untuk terbiasa melakukan berbagai hal, misalnya seperti buang kotoran pada tempatnya. Tentu berbagai kebiasaan seperti itu tidak akan langsung dilakukan oleh anjing. Anda perlu melatih dan membiasakannya. Perlu kesabaran untuk melatih anjing peliharaan melakukan berbagai hal. Bersamaan dengan melatihnya, jalinlah keakraban dengan anjing peliharaan dengan bermain-main dengannya. Memberikan pujian terhadap anjing peliharaan juga perlu untuk dilakukan. Saat anjing melakukan apa yang Anda latihkan, pujilah anjing peliharaan Anda. Semakin Anda dekat dengan anjing peliharaan baru, akan semakin mudah pula dalam mengarahkan anjing tersebut untuk melakukan berbagai hal termasuk kebiasaan buang kotoran pada tempatnya.

menjaga kebersihan dan kesehatan anjing

  • Ketiga, menjaga kebersihan dan kesehatan anjing. Untuk itu, ada berbagai hal yang perlu untuk Anda lakukan diantaranya rutin menyikat gigi anjing, membersihkan telinga, memotong kuku, serta menyisir bulu anjing. Berbagai kegiatan tersebut harus Anda lakukan. Juga bagi Anda yang tengah berniat memelihara anjing, bersiaplah untuk melakukan berbagai hal tersebut. Jangan sampai setelah membeli anjing Anda enggan melakukan berbagai hal seperti menyikat gigi anjing. Berbagai hal ini tentu dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebersihan anjing peliharaan Anda. Juga demi keamanan lingkungan hidup Anda. Jangan sampai karena malas melakukan perawatan kebersihan dan kesehatan pada anjing justru merugikan Anda dengan menyebarnya berbagai penyakit.

teratur mengecek kesehatan anjing dan melakukan vaksinasi

  • Keempat, teratur mengecek kesehatan anjing dan melakukan vaksinasi. Selain menjaga kesehatan anjing melalui pemberian makan dan perawatan yang tepat, Anda juga perlu untuk memeriksakannya ke dokter serta melakukan vaksinasi. Hal ini untuk memastikan bahwa anjing peliharaan Anda bebas dari penyakit dan aman untuk dipelihara. Tentu untuk memeriksakan anjing ke dokter dan melakukan vaksinasi dibutuhkan biaya. Oleh karena itu, sebelum memelihara anjing, Anda memang harus paham bahwa cukup banyak hal yang membutuhkan biaya dalam perawatan anjing. Belum lagi jika Anda harus melakukan kegiatan dan harus menitipkannya pada tempat penitipan anjing. Rawatlan anjing kesayangan Anda dengan tepat dan tidak tanggung-tanggung. Juga bagi Anda yang baru akan memeliharanya, pertimbangkan berbagai hal sebelum benar-benar mengambil anjing sebagai hewan peliharaan Anda.

About the author: Eugene Turner