Cara Mudah Memandikan Anjing Tanpa Harus ke Petshop

Cara Mudah Memandikan Anjing Tanpa Harus ke Petshop

Rhiannon-Cavaliers – Anda bisa menemui dengan mudah salon hewan atau salon khusus anjing. Bahkan sekarang petshop sudah menyediakan fasilitas perawatan untuk hewan peliharaan anda, tidak hanya sekedar menjual makanan dan aksesoris hewan lainnya.

Belajar Memberikan Perawatan Kepada Anjing

Sekali-kali membawa anjing anda ke salon untuk grooming bukanlah suatu hal yang dilarang. Namun sebaiknya juga tidak terlalu sering membawanya ke salon anjing karena anda bisa melakukan perawatan sendiri yang jauh lebih murah dan tidak membuat kantong anda jebol. Belum lagi ketika petshop langganan anda berada jauh dari rumah, anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di jalan daripada waktu untuk grooming itu sendiri, itupun jika anda tidak antri dan langsung masuk untuk grooming anjing anda. karena itulah untuk sehari-hari, anda tidak perlu membawanya ke salon hewan, anda bisa merawat anjing kesayangan anda sendiri dengan baik.

Sebelum memandikan anjing, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.Cek lah di seluruh tubuh anjing apakah terdapat cat, getah ataupun benda-benda lengket lainnya. Jika anda melihatnya, misalnya saja seperti permen karet yang menempel, anda bisa menghilangkannya dengan cara merendam bulu yang terkena permen karet dengan minyak sayur selama 24 jam. Apabila masih tidak berhasil, mau tidak mau maka anda harus menggunting bagian bulu yang tertempel permen karet.  Anda juga disarankan untuk memotong kukunya agar proses pemandian anjing menjadi lebih mudah. Seperti yang anda ketahui bahwa terkadang anjing memberontak ketika dimandikan karena tidak suka terkena air. Dengan memotong kukunya, anda dapat terhindar dari hal-hal buruk yang tidak sengaja terjadi dimana anjing anda mencakar anda dengan kukunya agar bisa kabur dan tidak dimandikan. Sambil memotong kukunya, anda juga bisa memeriksa apakah terdapat foxtails, kutu atau hama lainnya.

memeriksa-kuku

Untuk merawat anjing sendiri juga tidak terlalu susah, anda tidak membutuhkan peralatan yang mahal dna mewah seperti di salon anjing ataupun petshop. Anda bisa memandikan anjing anda di kamar mandi, dan usahakan untuk menutup pintu ketika sedang memandikannya untuk mencegah agar anjing anda tidak kabur ketika sedang dimandikan. Karena terkadang ada anjing yang tidak terlalu senang ketika dimandikan dan sering kali memberontak, lalu kabur. Kemudian anda harus membersihkan kamar mandi dari segala peralatan yang dapat membahayakan anjing anda, misalnya seperti pencukur jenggot, apabila terjatuh dan terinjak oleh anjing anda bisa menjadi berbahaya. Untuk shampo, anda bisa menggunakan shampo khusus, shampo biasa dan shampo khusus memiliki nilai pH yang berbeda. Nilai pH pada shampo biasa dapat membuat bulu dan kulit anjing kesayangan anda menjadi rusak.

penggunaan-shampo-yang-tepat

Dengan shampo khusus, tidak hanya membantu merawat bulu anjing anda, namun juga membantu merangsang pertumbuhan bulu dan juga membuat bulu anjing menjadi lebih lembut. Kemudian anda bisa menyediakan ember atau wadah lain yang besar untuk memandikan anjing anda. Letakkan alat karet khusus di dasar ember untuk mencegah agar anjing anda tidak terpeleset/ tergelincir ketika sedang dimandikan akibat terlalu banyak bergerak. Lalu anda bisa menggunakan air hangat agar anjing kesayangan anda merasa lebih nyaman ketika dimandikan. Jangan sampai menggunakan air yang terlalu panas karena dapat membuat kulit anjing menjadi melepuh dan pastinya melukai anjing anda. Alat lain yang harus anda persiapkan adalah spons untuk mandi, sikat. Handuk dan juga sisir. Anda jusa bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bulu anjing agar lebih cepat kering.

About the author: Eugene Turner