Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Anak Anjing Bagi Pemula

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Anak Anjing Bagi Pemula

Rhiannon-Cavaliers – Anjing dikenal sebagai hewan yang paling setia dengan tuan – nya. Itulah mengapa banyak orang yang menjadikan anjing sebagai binatang peliharaan. Namun, banyak orang – khususnya mereka yang belum memiliki pengalaman dalam mengurus anjing dan memutuskan untuk memelihara anjing memperlakukan anjing dengan tidak semestinya.

Bukan karena para pemilik anjing tersebut kejam atau tidak cinta pada hewan peliharaanya tersebut namun bisa jadi karena minimnya pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Untuk itu, saya di sini hendak memberikan apa saja yang perlu diperhatikan para calon pemelihara anjing dalam merawat dan membesarkan anak anjing. Mengapa anak anjing? Hal tersebut dikarenakan bagi mereka yang belum pernah memilki atau memelihara anjing sebelumnya lebih disarankan untuk memelihara anjing sejak masih kecil, hal ini bertujuan untuk memberikan bounding antara pemilik dan sang anjing dengan lebih baik.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Merawat Anak Anjing

Dengan terbentuknya bounding atau ikatan antara tuan dan peliharaanya, maka rasa cinta akan tumbuh, juga, dengan merawat dan membesarkan anjing sejak kecil juga kita dapat membentuk karakter anjing sesuai dengan bentuk perilaku yang kita berikan. Membentuk perilaku anjing akan lebih mudah terlebih untuk pemula daripada harus merubah perilaku anjing yang sudah terbentuk. Itulah mengapa para pemula lebih direkomendasikan untuk mengadopsi anak anjing dari pada anjing dewasa.

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dengan sungguh – sungguh adalah asupan nutrisi anak anjing. Apabila anda mengharapkan hewan peliharaan yang sehat, ceria dan menyenangkan, hal paling vital yang perlu anda jamin adalah nutrisi dari hewan peliharaan anda yang harus terpenuhi dengan baik. Anak anjing memerlukan berbagai asupan nutrisi yang mengandung zat sebagai berikut: vitamin, mineral, protein dan lemak. Untuk anak anjing berusia di bawah 8 bulan sebaiknya diberikan makanan dalam bentuk konsentrat. Hal ini bertujuan supaya makanan lebih mudah dicerna oleh anak anjing. Pemberian jenis makanan harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si anjing. Pemberian asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Anak Anjing Bagi Pemula

Setelah menjamin nutrisinya terpenuhi dengan baik, anda perlu melakukan berikutnya agar anak anjing peliharaan anda dapat tumbuh dengan baik. Hal tersebut adalah perhatikan kebersihanya. Seperti yang kita tahu, anak anjing masih sangat rentan sekali dalam terjangkit berbagai penyakit, terlebih jika kebersihanya tidak diperhatikan dengan benar. Untuk itu, penting bagi anda untuk senantiasa menjaga kebersihan tubuh anjing dan juga kebersihan kadangnya terutama anak anjing yang belum bisa buang air kecil dan buang air besar sendiri, anda harus segera membersihkanya tiap kali dia buang air sembarangan. Hal ini untuk menjaga kesehatan anjing dan juga kesehatan anda dan lingkungan tempat tinggala anda.

Mempunyai dan memelihara hewan peliharaan termasuk anjing tidak jauh berbeda dengan memilki anak, sebagai tuan kita harus memperhatikan kebersihanya, kesehatanya, juga harus memberikan kasih sayang dan perhatian yan berlimpah. Anda juga harus mengajaknya jalan – jalan dan bermain di luar ruangan agar anak anjing anda tumbuh kuat dan sehat. Jalan – jalan keliling di sekitar tempat tinggal anda sangat direkomendasikan. Waktu yang tepat untuk membawa anjing anda bermain ke luar adalah pada pagi hari atau sore hari saat matahari sudah tidak terlalu terasa panas. Sekian tips mendasar dalam merawat anak anjing untuk pemula semoga informasi yang saya berikan dapat membantu anda.

About the author: Eugene Turner

Has one comment to “Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Anak Anjing Bagi Pemula”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Meliana Diana - November 12, 2017 at 9:15 am Reply

    ea, betul neh, terutama jgn sembarang kasih makan, alo gk mau kenpa2 . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.