inilah 8 Anjing Terpintar yang ada Dunia

Jika dibandingkan dengan hewan-hewan darat yang diklaim memiliki kepintaran, seperti kuda, kucing atau bahkan hamster, mungkin anjing akan menduduki peringkat pertama karena memang hewan satu ini mempunyai tingkat inteligensi yang di atas binantang lain pada umumnya.

Kemampuan dan kepintaran serta kecerdasan anjing akan meningkat pesat ketika dia mendapatkan pelatihan khusus dari pelatih anjing. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis anjing yang paling pintar di seluruh dunia.

Australian Cattle

 

Merupakan percampuran antara Drover dan Dingo, anjing berjenis Australian Cattle ini pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1840 oleh seseorang bernama George Hall. Pada awalnya, Hall mengatakan bahwa nama anjing tersebut Hall Heelers yang ditugasi untuk mengawasi dan menjaga hewan ternaknya. Usia dari anjing jenis ini cukup lama, yaitu dari 12 tahun sampai 14 tahun.

Rottweiler

Jenis anjing Rottweiler ini sudah digunakan sebagai hewan peliharaan sejak beratus-ratus tahun lalu. Bahkan pada saat Kekaisaran Roma masih ada Rottweiler sudah menjadi hewan peliharaan raja. Anjing satu ini memiliki kecerdasan yang tidak dapat disanksikan. Selain bertugas untuk menjaga sawah atua hewan ternak, saat berlangsungnya Perang Dunia pertama dan kedua, Rottweiler kerap dipakai sebagai pengirim pesan dari jarak jauh. Usianya mampu mencapai 13 tahun lamanya.

Papillon

Bertubuh kecil dan terkesan imut, anjing jenis papillon ini adalah hewan peliharaan populer yang sudah ada sejak abad ke-16. Anjing yang diklaim sebagai peranakan dari jenis Dwarf Spaniel merupakan anjing yang berasal dari Italia. Dikatakan Papillon karena bentuk telinganya lucu seperti kupu-kupu. Papillon sendiri memiliki artian kupu-kupu dalam Bahasa Prancis. Rentang usianya mampu mencapai 16 tahun.

Labrador Retriever

Terkesan galak dan menyeramkan, anjing jenis Labrador Retriever ini juga termasuk anjing cerdas yang memiliki bentuk sedikit mirip dengan anjing jenis Golden Retriever. Kemampuan alaminya adalah Labrador Retriever dapat berenang di suhu yang dingin sekalipun dalam jarak jauh. Lifespan dari anjing ini antara 12 sampai 16 tahun.

Shetland Sheepdog

Berbulu lebat dan memiliki muka yang lucu, Shetland Sheepdog adalah jenis anjing yang kabarnya berasal dari Kepulauan Sehtland. Wajahnya dan kemampuan asli dari Shetland Sheepdog mirip dengan jenis anjing Collie. Anjing ini kerap digunakan sebagai penjaga di peternakan-peternakan. Lifespand dari Shetland Sheepdog adalah maksimal 14 tahun.

Doberman Pinscher

Nah, nama satu ini pastinya kamu ketahui, Doberman Pinscher. Anjing jenis ini memiliki sifat mudah terpancing emosi dan mempunyai tingkat keberanian yang cukup tinggi. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Doberman Pinscher memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata jenis anjing lainnya, hanya saja menurut penelitian, jeis anjing satu ini merupakan jenis yang paling berbahaya dan tidak dianjurkan untuk dibeli apalagi dipelihara.

Golden Retriever

Seperti yang disebutkan di atas, Golden Retriever ini memiliki kaitan sedarah dengan Labrador Retriever. Hanya saja, Golden Retriever ini lebih memiliki banyak bulu dan mayoritas berwarna emas keperakan. Kecerdasan dari Golden Retriever juga sangat tinggi, oleh karenanya tidak heran jenis anjing satu ini sering kali digunakan sebagai ‘property’ sebuah film.

German Shepherd

Seperti halnya Doberman Pinscher, German Shepherd adalah salah satu jenis hewan ternak yang sangat banyak digemari oleh masyarakat. Pada masa Perang Dunia II, German Shepherd juga kerap digunakan sebagai ‘media’ untuk mengirimkan surat atau juga membawakan amunisi. Anjing jenis ini selain pintar dan memiliki kesetiaan yang tinggi kepada tuannya, German Shepherd termasuk hewan yang sangat agresif dan mudah marah.

About the author: Eugene Turner