Kebutuhan Dasar Yang Dibutuhkan Anjing Peliharaan

Rhiannon-Cavaliers – Dalam memelihara Anjing kita bukan hanya sekedar memelihara hewan peliharaan. Namun banyak kebutuhan dasar yang dibutuhkan anjing peliharaan yang perlu kita perhatikan.

Kebutuhan Dasar Yang Dibutuhkan Anjing Peliharaan

Dalam merawat anjing atau anak anjing peliharaan kita perlu menyisihkan waktu, kesabaran dan tak lupa kasih sayang sebagaimana sesama makhluk hidup. Sebelum lebih banyak kita menuntut kepada hewan peliharaan kita untuk lebih mengikuti arahan serta didikan kita para pemiliknya. Kita wajib memenuhi beberapa kebutuhan dasar yang anjing butuhkan agar anjing lebih dapat patut dan mendengarkan arahan kita. Dan dalam proses mendidik atau mengajarkan sang anjing untuk mengikuti arahan kita, disitulah sebenarnya terbentuk hubungan kita dengan sang anjing.

Berikut dibawah ini adalah beberapa kebutuhan dasar anjing yang mesti kita berikan untuk menjalin hubungan yang berkesinambungan.

  • Makanan dan Minuman

anjing membutuhkan makanan dan minumSeperti halnya makhluk hidup lainnya, anjing juga membutuhkan makanan dan minum. Namun dalam kesempatan ini, rhiannon-cavaliers.com ingin menekankan kepada anda atau pemilik anjing peliharaan untuk lebih peduli dalam memberikan makanan dan minuman. Dimana anda harus memberikan makanan dan minuman yang bersih dan masih segar. Dan tidak boleh di abaikan walaupun satu hari atau lebih. Anjing memerlukan makanan dan minuman yang bersih tiap harinya. Pada umumnya anak anjing memerlukan makan tiga kali sehari sedang kan untuk anjing dewasa biasanya diberi makan dua kali sehari. Untuk air selalu sediakan air bersih agar anjing maupun anak anjing peliharaan anda dapat meminumnya kapanpun dibutuhkannya.

  • Tempat Yang Nyaman

anjing juga memerlukan tempat yang nyaman untuk beristirahatMeski Anjing adalah salah satu jenis hewan mamalia, yang dapat bertahan hidup hibitat apapun, anjing juga memerlukan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Hal tersebut dikarenakan mereka salah satu hewan yang termasuk paling gampang dijinakkan. Anjing memiliki jiwa sosial yang tinggi hal tersebut dapat terlihat jika seekor anjing akan setia dan melindungi sang pemiliknya. Pada umumnya anjing menyukai tempat istirahat yang bersih, kering dan hangat untuk melepaskan capek pada malam hari. Terlepas dari apakah anjing peliharaan anda akan beristirahat di dalam rumah maupun di luar rumah, biasanya anjing membutuhkan ruang tertutup dengan suhu sekitarnya yang tetap atau stabil. Rhiannon-cavaliers.com menyarankan kepada anda untuk menyediakan selimut atau bantal jika Anjing anda tidur di luar rumah pastikan sang anjing mendapatkan tempat untuk berlindung dari cuaca panas maupun hujan .

  • Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan bagi anjing peliharaanPemeriksaan kesehatan bagi anjing peliharaan sangat perlu dilakukan dengan kegiatan rutin minimal satu tahun sekali ke dokter hewan untuk mendapatkan suntikan vaksin sesuai kebutuhan dan anjuran dokter hewan. Dan jika terdapat kejadian yang mendadak, seperti terdapat gejala – gejala penyakit pada anjing peliharaan anda, segeralah kunjungi dokter hewan atau hubungi sang dokter jika terjadi pada saat malam hari dan lakukan pengecekkan lebih lanjut jika dibutuhkan. Lakukan pertimbangan lebih jauh jika dibutuhkan tindakan medis yang lebih beresiko seperti operasi pengangkatan organ reproduksi pada anjing peliharaan anda. Dan selalu pastikan anjing perliharaan selalu mendapatkan suntikan vaksin rabies atau vaksin – vaksin lainnya. Jangan coba meremehkan tingkah laku yang aneh bila ditunjukkan oleh anjing, seperti menggeliatkan badan atau punggung ke tanah dan sebagainya.

  • Kebebasan dan Rasa Aman

anjing juga membutuhkan ruang bebas untuk berekspresi dengan rasa amanSama halnya dengan kita sebagai manusia, anjing juga membutuhkan ruang bebas untuk berekspresi dengan rasa aman yang diberikan pemiliknya. Sediakan waktu untuk membawa anjing berolahraga baik hanya berjalan mengelillingi komplek atau perumahan disekitaran anda hal tersebut sangat bermanfaat untuk anjing. Lakukan minimal seminggu sekali untuk memastikan kebugaran pada anjing anda. Selain itu berikan rasa aman sebagai peliharaan anda, selalu dapat menentukan kapan sang anjing harus mengikuti arahan anda atau bersifat bermain. Pastikan posisi anda sebagai pemilik untuk dapat mengontrol anjing disaat berhadapan dengan orang lain atau anjing lain yang belum pernah dijumpainya. Kedua hal ini dapat dilakukan bersamaan jika disekitaran anda terdapat lapangan atau taman dimana anjing dapat bergerak bebas dalam pantauan sang pemiliknya sehingga ia merasa aman.

About the author: Eugene Turner

Has one comment to “Kebutuhan Dasar Yang Dibutuhkan Anjing Peliharaan”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Sanny - August 1, 2017 at 6:46 am Reply

    hampir telewat oleh saya, vaksinnya . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.