Kutu vs Caplak pada Anjing dan Cara Menghilangkannya

Ada kalanya anjing yang kita pelihara terlihat menggaruk-garuk dengan hebohnya, maka dalam pikiran kita adalah hewan peliharaan tersebut sedang terserang kutu. Akan tetapi benarkah itu kutu?

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis parasit yang menghinggapi hewan-hewan berbulu seperti anjing ini dan 2 yang paling sering adalah kutu serta caplak. Keduanya memberikan efek gatal yang cukup mengganggu bagi anjing namun pada dasarnya berbeda.

Kutu

Kutu adalah sebuah hewan yang masuk dalam kelas insekta tanpa sayap dengan 6 kaki serta mampu meloncat dalam jarak yang cukup jauh. Jumlah inangnya sangat terbatas dan durasi usianya mampu mencapai lebih dari 100 hari lamanya. Pada dasarnya, kutu adalah serangga kecil yang no maden. Ketika dia menemukan inang, maka mereka dapat hidup dalam jangka waktu lama, bahkan sampai akhir hayatnya.

Sekali bertelur, kutu akan memiliki 20 sampai 40 butir per harinya yang mana baru akan menetas dalam beberapa minggu setelahnya. Telur-telur tersebut diletakkan pada tubuh inangnya. Dan ketika inang berpindah tempat, maka telur-telur itupun akan tersebar secara otomatis. Kutu tidak mampu bertahan lama di udara yang dingin, oleh karenanya, serangga kecil ini akan membutuhkan tempat hangat untuk dapat hidup dan berkembang biak.

Caplak

 

Walaupun sama-sama kecilnya, namun caplak bukanlah termasuk dalam kelas insekta, melainkan arakhnida. Caplak memiliki kekerabatan dengan laba-laba, namun berukuran sangat kecil dengan 8 kaki pada setiap ruas tubuhnya. Tidak seperti kutu yang tidak memiliki inang dan baru akan tinggal ketika menemukan satu inang saja, caplak mempunyai banyak inang yang mana dapat digunakannya untuk ‘numpang’ makan.

Pada dasarnya, memang caplak tidak terlalu tergantung inang karena dapat hidup sendiri karena predator kecil ini cukup pilih-pilih dalam hal inang. Usia caplak bisa mencapai 3 tahun lamanya dan sekali bertelur, maka akan ada ribuan telur yang dihasilkan. Hanya saja, setelah itu caplak yang menjadi induk akan mati. Berbeda dengan kutu, caplak justru mampu hidup di berbagai suhu dan cuaca. Caplak mampu bertahan hidup di suhu yang sangat panas ataupun yang mendekati titik beku sekalipun.

Cara membasmi kutu

Untuk dapat membasmi kutu pada anjing, maka langkah pertama dan paling mudah dilakukan adalah memandikan hewan peliharaanmu itu secara bersih dengan menggunakan sabun dan sampo khusus. Ketika semua bulu dan tubuh anjing basah, maka berikanlah sampo dan tunggulah sekitar 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Cara kedua adalah dengan menggunakan semprotan khusus anti-kutu yang dapat kamu beli di toko-toko hewan. Hanya saja, semprotan ini memiliki efek buruk untuk pernafasan serta mata. Oleh karenanya, perhatikan secara seksama sebelum menyemprot anjing kesayanganmu itu.

Selain cara-cara di atas, masih ada beberapa cara lainnya seperti menggunakan bedak bedak anti-kutu, larutan obat untuk berendam anjing, memakai kalung anti-kutu, mengoleskan obat yang mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan kutu sampai dengan memberikan obat telan anti-kutu kepada anjing tersebut.

Cara menghilangkan caplak

Cara menghilangkan caplak pada anjing sedikit berbeda dengan cara menghilangkan kutu. Untuk dapat menghilangkan caplak pada anjing, maka kamu harus mencari sumber atau inang dari caplak itu terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, kamu dapat menyisir bulu anjing dengan sisir yang agak rapat. Akan tetapi cara tersebut dapat lebih efektif jika kamu memandikan anjingmu itu terlebih dahulu.

About the author: Eugene Turner