Lakukan Perawatan Yang Cerdas Untuk Herder

Lakukan Perawatan Yang Cerdas Untuk Herder

Rhiannon-Cavaliers – Siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis anjing ini. Anjing yang berasal dari jerman dengan sebutan Herder ini banyak digunakan sebagai anjing penggembala. Ya, anjing yang  memiliki tampilan sangar dan terlihat geram dan menakutkan ini banyak digunakan untuk working sheep dog yang ada di Jerman.

Perawatan Untuk Anjing Herder

Anjing yang terlihat sekilas seperti serigala ini banyak sekali diminati oleh orang-orang khususnya sang pecinta anjing. Anjing yang dahulu banyak digunakan sebagai penggembala dicetuskan oleh Maxx Von Stephanitz. Dimana anjing ini memiliki jiwa pekerja dengan kemampuan lari cepatnya yang dimiliki. Hewan yang terkenal dengan jiwa setianya ini memiliki tubuh yang panjang, dengan proporsi yang seimbang dan memiliki otot yang kuat sehingga semakin membuat penggemarnya jatuh cinta terhadap si Herder ini. Meskipun anjing ini memiliki tempramen yang bersifat pemberani, waspada dan juga tidak memiliki rasa takut ini memiliki rasa setia yang tinggi dengan tampilan yang atletis.

Dalam perawatan anjing pemburu ini diperlukan perawatan yang mendasar dan harus dimulai sejak ia masih kecil. Dengan begitu kan memudahkan dalam menanamkan didikannya kepada si herder tercinta. Biasanya, anjing yang trkenal agresif ini akan suka menyerang seseorang, namun jika dilakukan perawatan dini dan latihan yang tepat pada sang anjing tentu akan meminilalisisr perlakuan agresif yang tidak terkontrol itu menyerang manusia sekelilingnya. Namun, banyak kita jumpai para pemiliki herder ini akan merasa bahwa ia adalah leadernya sehingga merasa bertanggungjawab penuh atas anjingnya ini. Sehingga ia cenderung tidak mempedulikan anjingnya dan cenderung menyepelekan. Bahwasannya anjing herder ini perlu untuk dilatih dan diberikan perlakuan khusus untuk menjinakkan nalurinya.

Dengan melakukan latihan fisik, dan juga memberikan pembinaan mental pada sang anjing sejak dini akan menstimulasi jiwa si anjing untuk menjadi jinak dan terlatih. Dalam perawatan pendukung psikososial anjing herder juga perlu ditekankan pada kondisi kandangnya. Anjing herder juga perlu mendapat perlakuan kondisi kandang yang istimewa.

Anjing Herder Butuh Perawatan Yang Baik

Sebab, jika kandang anjing ini tidak dilakukan perawatan kebersihan yang maksimal anjing ini juga bisa stres, terlebih jika ia terlalu lama dikandang.. yang perlu Anda perhatikan adala dengan menyediakan kandang yang terbuat dari alumunium  untuk sang anjing tercinta. Sehingga, Anda akan mudah dalam membersihkannya. Kemudian, tidak lupa bersihkan kandang anjing setiap dua kali dalam sehari guna menjaga kebersihan kandang anjing pemburu ini.

Di sisi lain, kebutuhan nutrisi anjing juga perlu dipenuhi. Dengan memberikan makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi yang seimbang maka diharapkan anjing akan tumbuh maksimal dan tidak mudah sakit akibat imun yang melemah. Berikanlah asupan yang sesuai bagi anjing jenis herder. Dengan membelinya di pet shop Anda akan mendapat berbagai jenis makanan anjing yang kaya akan nutrisi di dalamnya. Akan tetapi jika anjing herder miliki Anda berusia 0-1 bulan maka Anda tidak perlu kebingungan akan hal ini.

Sebab, anjing dengan usia demikian tidak perlu membutuhkan gizi dari makanan lain. Cukup dengan diberikan asi dari sang induknya maka kebutuhan gizinya sudah terpenuhi. Jangan lupa, berikan perawatan kebersihan seperti mandi dan menggosok gigi anjing secara rutin. Sebab, jika anjing kotor dan lama tidak dibersihkan maka akan timbul kutu di bulu anjing tersebut. Kemudian, berikan Collar dan Leash untuk sang anjing. Tujuannya adalah agar Herder Anda mudah untuk dikenali.

About the author: Eugene Turner