Makanan dan Minuman yang tidak disarankan untuk diberi ke Anjing

Makanan dan Minuman yang Sangat Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Anjing

Setiap orang pemilik atau yang memelihara anjing tentunya memiliki resep atau catatan tersendiri mengenai makanan untuk hewan peliharaannya tersebut. Hanya saja, terkadang bagi yang masih awam,  justru akan memberikan makanan ala kadarnya atau yang menurut dia layak dan dapat untuk dimakan oleh anjingnya itu.

Padahal hal tersebut justru tidak dianj urkan oleh para dokter hewan karena ada beberapa jenis makanan yang memang tidak boleh diberikan kepada anjing karena memiliki kadar atau kandungan racun yang tidak dapat ditoleransi oleh organ pencernaan hewan tersebut.Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang biasa diberikan, namun sebenarnya memiliki kandungan racun yang cukup berbahaya untuk dikonsumsi anjing.

makanan yang tidak cocok karena mengandung kadar racun

Cokelat

Memang ketika dimakan oleh manusia, cokelat adalah jenis makanan yang sangat enak dan membuat ketagihan. Hanya saja, cokelat tidak boleh diberikan ke anjing karena di dalamnya terdapat molekul khusus yang disebut dengan methylxanthines yang mana sangat beracun ketika masuk ke dalam tubuh hewan tersebut.

Methylxanthines ini biasanya ditemukan di dalam theobromine dan jika dimakan oleh anjing dalam jumlah banyak, maka hanya dalam waktu tertentu akan membuat anjing tersebut akan muntah dan kemudian tidak sadarkan diri. Dan jika dibiarkan begitu saja, ada risiko besar yang bakal didapatkan oleh anjing tersebut, yaitu kematian. Hal itu dikarenakan efek racun dari methylxanthines mampu merusak jaringan organ di dalam tubuh anjing.

Sebagai informasi, kandungan methylxanthines ini juga terdapat pada kopi dan teh. Oleh karenanya, selain tidak boleh memberikan cokelat, kopi dan teh juga termasuk yang dilarang diberikan kepada anjing.

Bawang

Dalam hal ini bawang yang dimaksud adalah bawang bombai dan bawang putih yang mana keduanya sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada anjing. Tidak hanya dua jenis bawang itu saja, semua yang berasal dari genus Allium pun memiliki kandungan racun yang berbahaya bagi anjing.

Kenapa bawang tidak boleh diberikan ke anjing, hal itu dikarenakan umbi-umbian semacam ini mampu menghancurkan sel darah merah dan dapat membuat anjing menjadi anemia tingkat serius. Selain itu, kerusakan jaringan akan dimulai sejak 24 jam pertama dikonsumsinya bawang tersebut dan setelah 7 hari berselang, maka akan memunculkan banyak hal yang menyebabkan kondisi kesehatan hewan itu terganggu, seperti menjadi lebih mudah tertekan, menjadi lemah, nafsu makan berkurang, detak jantung cepat, pernapasan tidak teratur, gusi menguning, air kencingnya menjadi cokelat dan beberapa hal lainnya.

Kacang Arab

Kacang Arab atau makadamian juga termasuk jenis makanan yang tidak diperkenankan untuk diberikan ke anjing. Memang sampai sekarang belum diketahui kenapa makadamian dilarang diberikan ke anjing, namun sebagai buktinya adalah hewan tersebut akan mudah kehilangan keseimbangan, menjadi lebih mudah lemah,  muntah dan mengalami demam tinggi.

Ketika anjing mulai mengalami hal-hal seperti di atas, maka dianjurkan maksimal 48 jam harus sudah ditangani pihak medis untuk menjalani perawatan yang maksimal. Jika dibiarkan, maka risiko lebih buruk dapat menimpa hewan tersebut.

Alkohol

Selain kopi atau teh, minuman yang mengandung alkohol juga dilarang untuk diberikan ke anjing karena etanol yang terkandung di dalamnya dapat membuat perut hewan tersebut mengembang dan menghasilkan banyak gas yang dapat menyebabkan dilatasi dan torsi. Bahkan durasi keracunan etanol ini berlangsung sangat cepat, yaitu hanya 30 menit saja. Alkohol tersebut juga sama hukumnya dengan ragi yang dapat membuat organ pencernaan bermermentasi.

About the author: Eugene Turner