Makanan Favoritmu Ini Bisa Dibagi Ke Anjing Kesayangan

Anjing merupakan hewan favorit banyak orang. Meski perawatannya juga tak gampang, tapi kesan bersahabat dari hewan satu ini selalu disukai. Selain itu, pemilik anjing seringkali merasakan ikatan yang kuat dengan peliharaannya. Banyak lho, kisah-kisah mengharukan yang beredar mengenai hubungan antara sang pemiliki dengan anjing kesayangannya.

Kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas bersama dengan anjing kesayangan, mulai dari sekedar nonton televisi, berolahraga, berenang, hingga belanja bersama. Nah, kamu ternyata juga bisa makan bersama dengan anjing, karena ada beberapa makanan manusia yang aman dikonsumsi anjing. Yuk, simak makanan manusia yang bisa dikonsumsi si guguk berikut ini:

Buah-buahan

Kamu mungkin tak menyangka kalau anjing juga doyang buah-buahan. Tapi kenyatannya, anjing memang suka buah hanya saja selama ini jarang ada orang yang memberikannya. Sebagian besar buah aman dikonsumsi oleh anjing, kecuali anggur dan alpukat. Ada beberapa jenis buah yang sangat disarankan untuk disantap anjing misalnya saja apel karena bagian kulitnya bisa membantu membersihkan giginya. Selain apel, buah pir juga bisa jadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi anjing. Tapi kamu harus menghilangkan bagian bijinya karena bisa tertelan dan tersangkutan di tenggorokan anjing.

Olahan daging

Kamu pasti sudah tahu ya, kalau anjing suka daging. Tapi kebanyakan orang berpikir kalau anjing boleh mengonsumsi anjing mentah, padahal hal ini sangat salah. Anjing harus mengonsumsi daging yang matang dan dimasak dengan baik. Jadi tak ada salahnya memberikan olahan daging yang sudah dimasak di dapur rumah. Kamu juga boleh memberikan jenis daging yang sudah diolah menjadi bakso atau sosis. Tapi pastikan tidak ada campuran bahan lain seperti tepung karena bisa mengganggu pencernaan anjing, kecuali daging tersebut diolah dengan tepung khusus.

Ikan

Selain daging, anjing juga sangat doyan mengonsumsi ikan seperti salmon. Ikan kaya akan kandungan lemak sehat seperto omega 3 yang baik untuk kekebalan tubuh anjing. Selain itu, mengonsumsi ikan secara rutin juga membuat anjing memiliki kulit dan bulu yang lebih sehat. Tapi sama seperti halnya daging, sangat tidak disarankan untuk memberikan ikan mentah. Masak ikan hingga benar-benar matang, pisahkan dari durinya, baru berikan kepada anjing. Minyak ikan dan kulit ikan juga boleh diberikan kepada anjing, lho.

Nasi

Kalau kamu sering kekenyangan saat makan sehingga nasi tidak habis, boleh sekali lho diberikan kepada anjing kesayangan. Yang terpenting, nasi tersebut belum tercampur dengan kuah yang pedas atau asam. Sebab kedua rasa tersebut bisa membuat perut anjing  jadi bermasalah. Nasi putih biasa atau sudah dicampur dengan daging, ikan, maupun ayam bisa diberikan kepada anjing. Anda pun bisa memberikan pasta, asalkan belum dicampur dengan saus.

Selai kacang

Kalau kamu suka menyantap roti, pasti sering juga makan selai kacang. Nah, selai kacang ini ternyata aman diberikan untuk anjing. Selain kacang kaya akan protein yang baik sekali untuk anjing, namun pastikan selai tersebut tidak memiliki campuran gulu atau bahan pemanis lainnya.

About the author: Eugene Turner