Perawatan Anjing Peliharaan Yang Baik dan Benar

Perawatan Anjing Peliharaan Yang Baik dan Benar

Rhiannon-Cavaliers – Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling disenangi, terutama sebagai hewan peliharaan keluarga. Karena anjing selain lucu, menarik dan juga cerdas, anjing merupakan hewan penyayang dan sangat setia terhadap tuannya. Bahkan ada banyak sekali jenis anjing di dunia ini, mulai dari Golden Retriever, Bulldog, Siberian Husky, Chihuahua dan lain sebagainya, dari anjing berbadan besar hingga anjing yang mungil yang dapat masuk ke dalam tas anda.

Tentukan Jenis Anjing Yang Akan Anda Pelihara

Apabila anda tidak mau repot merawat anjing dengan bulu yang panjang, ada beberapa jenis anjing dengan bulu yang pendek seperti bulldog. Walaupun ada ratusan jenis anjing, sebenarnya perawatannya tidak berbeda jauh untuk satu anjing dengan anjing lainnya. Memang beberapa anjing membutuhkan perawatan khusus, misalnya seperti anjing dengan bulu yang panjang. Agar anjing anda memiliki penampilan yang menarik dan tentunya bersih sehingga dapat bermain dengan anak-anak anda tanpa perlu khawatir adanya kutu atau penyakit bawaan anjing yang dapat menulari anak anda, anda harus mengetahui cara merawat anjing peliharaan dengan baik dan benar.

Tentukan Jenis Anjing Yang Akan Anda Pelihara

Anda juga dapat melatih anjing anda untuk melakukan beberapa hal, misalnya saja untuk melatih buang air besar dan buang air kecil tidak disembarang tempat dan hanya di tempat-tempat khusus seperti misalnya toilet atau wadah khsusus berisi pasir untuk buang air besar dan buang air kecil. Apabila anda tidak melatihnya dan tidak membiasakannya untuk buang air pada tempatnya, maka anjing anda akan buang air di sembarang tempat seperti sofa, kamar, dapur dan lain sebagainya yang menimbulkan bau yang tidak sedap. Agar lebih mudah, lebih baik melatihnya ketika anjing anda masih kecil agar lebih mudah untuk melatihnya.

Nanti lama kelamaan saat anjing anda sudah dewasa, ia akan terbiasa untuk buang air pada tempatnya. Setiap anjing anda melakukannya dengan benar, anda bisa memberikannya hadiah berupa snack makanan anjing. Yang paling penting dalam merawat anjing adalah makanan. Anda harus memastikan bahwa anda memberikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Jangan sampai anjing anda menjadi mudah sakit dan bahkan terlalu kurus karena tidak mendapatkan makanan dengan nutrisi seimbang dan makanan yang diberikan kurang. Anda bisa melihat kandungan nutrisi pada kemasan makanan anjing.

Perawatan Bulu Bagi Anjing Peliharaan Anda

Sedangkan untuk perawatan bulu, anda bisa melakukan grooming dan juga memandikannya secara teratur. Dengan memberikan grooming sejak masih kecil, maka ketika dewasa anjing tidak akan memberontak lagi ketika grooming. Shampo yang digunakan juga harus diperhatikan karena menggunakan shampo khusus yang dapat menjaga kelembutan dan kilauan bulu anjing kesayangan anda. shampo terbaik untuk memandikan anjing kesayangan anda adalah shampo yang memiliki nilai pH 7, sebisa mungkin hindari shampo dengan pewangi dan juga pewarna sintetis karena beberapa anjing sensitif dan menyebabkan iritasi pada kulit.

Anda bisa menemukan shampo tersebut dengan mudah di toko-toko hewan atau petshop yang ada di dekat rumah anda. Untuk perawatan bulu, anda harus tahu bagai mana cara mengatasi dan mencegah terjadinya kerontokan bulu. Karena bulu anjing merupakan mahkota terpenting. Setelah anda melakukan grooming terhadap anjing anda, anda harus menyisirnya secara rutin agar bulu terlihat rapi, cantik dan tidak kusut. Hal tersebut dapat mengurangi terjadinya kerontokan pada bulu. Apabila anda menemukan kerontokan bulu, kemungkinan anjing anda mengalami masalah dengan makanan yang dimakan, perawatan yang tidak cocok, kurangnya vitamin E dan lain sebagainya.

About the author: Eugene Turner