Tips Melatih Buang Air Anak Anjing Yang Benar Dan Tepat

Tips Melatih Buang Air Anak Anjing Yang Benar Dan Tepat

Rhiannon-Cavaliers – Memiliki anjing peliharaan baru, terutama anak anjing pasti sangat menyenangkan, karena anak anjing terlihat begitu menggemaskan. Dibalik keimutannya, anda harus memberikan pelatihan yang cukup untuk anak anjing terutama dalam buang air besar dan buang air kecil.

Biasakan Anjing Membuang Air Yang Benar Sejak Dini

Ketika anjing masih kecil, biasanya belum tahu dimana harus melakukan buang air, karena itulah anak anjing cenderung untuk buang air disembarang tempat sehingga tidak hanya membuat rumah menjadi kotor dan bau, tapi juga membuat rumah menjadi sarang penyakit apabila besar buang air anak anjing tersebut tidak segera dibersihkan. Tentunya ketika anda bisa melatihnya sejak masih kecil, ketika anjing tersebut sudah dewasa maka anda tidak perlu repot melatihnya lagi karena anjing anda sudah terbiasa dalam buang air pada tempatnya. Bagi anda yang baru pertama kali memelihara anjing, terutama anak anjing maka anda harus memperhatikan tips dari artikel ini agar anda bisa melatih anak anjing anda dengan baik. Biasakan Anjing Membuang Air Yang Benar Sejak Dini

Sebelum melatih anak anjing dalam buang air, anda bisa mengajaknya bermain di dalam ruangan maupun di luar ruangan dengan menggunakan mainan agar anak anjing memiliki tubuh yang sehat. Selain itu dikatakan bahwa anjing yang sering menghabiskan waktu dengan pemiliknya memiliki tingkat kecerdasan dan juga tingkat kesehatan yang lebih baik daripada anjing yang terlalu sering sendiri di rumah. Dengan tingkat kecerdasan yang lebih baik, pasti akan lebih mudah untuk melatihnya. Untuk melatih buang air anak anjing, pertama-tama anda bisa menyuruhnya untuk keluar setiap beberapa jam sekali. Hal ini akan membuat anak anjing untuk berada di luar rumah setiap 2 jam. Nantinya anak anjing tersebut dapat buang air di luar rumah di tempat yang sudah disediakan. Arahkan agar anak anjing keluar dari rumah dengan menggunakan pintu yang sama agar anak anjing dapat mengingat dengan lebih mudah. Ketika melatih buang air, jangan memberikan alas kertas atau alas apapun karena hal tersebut dapat membuat bingung anak anjing ketika berada di luar ruangan.

Berikan Reward Jika Tindakan Anjing Peliharaan Anda Benar

Apabila anak anjing melakukan semuanya dengan baik, anda bisa memberikan hadiah untuknya berupa makanan anjing. Apabila anda melihat anak anjing tersebut buang air pada tempatnya dengan sendirinya tanpa bantuan anda, anda juga boleh memberikan hadiah kepadanya. Perlu anda ingat, anda tidak perlu memberikan makanan untuk hadiah, anda bisa menggunakan cara lainnya seperti kasih sayang ataupun mengelusnya. Namun ketika anak anjing melakukan kesalahan, anda juga berhak untuk memberikan hukuman kepadanya sebagai salah satu tindakan tegas agar anak anjing tidak mengulanginya kembali. Hukuman yang diberikan bisa bervariasi, misalnya tidak diberikan snack. Yang penting adalah anda tidak memberikan hukuman secara berlebihan.

Anda juga harus memberhatikan sinyal-sinyal yang diberikan oleh anak anjing anda ketika ia merasa akan buang air dan ingin pergi keluar. Beberapa sinyal yang sering digunakan adalah berjalan secara melingkar, mengendus, merengek dan lain sebagainya. Apabila anda mengetahuinya, anda dapat mencegah agar anak anjing tersebut tidak buang air secara sembarangan. Agar anak anjing tidak malas untuk dilatih, anda bisa mengajaknya berjalan-jalan pada sore hari ataupun malam hari. Karena anjing yang aktif akan lebih senang untuk bergerak dibandingkan dengan anjing yang menghabiskan waktu di dalam rumah. Anda juga bisa menggunakan waktu bermain tersebut sebagai salah satu waktu untuk melatih anak anjing agar dapat buang air pada tempatnya.

About the author: Eugene Turner