Tips Memilih Anjing Peliharaan

Tips Memilih Anjing Peliharaan

Rhiannon-Cavaliers – Anjing memang merupakan salah satu hewan favorit untuk dijadikan sahabat. Melihat kebahagiaan orang-orang yang memelihara anjing dan menjalin keakraban dengan hewan lucu itu, seringkali membuat kita juga ingin memeliharanya. Atau barangkali Anda pecinta hewan dan ingin melengkapi macam-macam hewan peliharaan dengan anjing, namun bingung bagaimana cara memilihnya?

Memilih Dengan Benar Anjing Peliharaan

Kali ini akan diulas tentang tips memilih anjing peliharaan. Memilih anjing untuk dipelihara memang tidak mudah. Pada langkah pertama seperti menentukan jenis atau ras anjing apa yang akan kita pilih saja sudah membingungkan. Pasalnya, ada banyak ras anjing yang cocok untuk menjadi hewan peliharaan, misalnya poodle, malmute, maltese, siberian husky, bulldog, chihuahua, dan masih banyak lagi ras anjing lainnya yang bisa menjadi pilihan. Belum lagi menentukan anjing seperti apa yang memiliki kualitas baik. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara memilih anjing peliharaan yang tepat.

Simak tips memilih anjing peliharaan berikut ini:

menentukan jenis atau ras anjing

  • Pertama, seperti yang telah disinggung tadi bahwa langkah pertama adalah dengan menentukan jenis atau ras anjing apa yang akan Anda pelihara. Tips memilih ras anjing untuk dipelihara adalah sesuaikanlah dengan karakter dan kepribadian Anda. Mungkin Anda sudah tertarik pada salah satu ras anjing karena melihatnya di suatu tempat, namun cek dulu bagaimana karakter anjing tersebut, apakah cocok untuk Anda. Misalnya Anda tidak suka anjing yang terlalu manja, maka coba pikirkan lagi saat Anda akan memilih ras pomeranian atau mini pom. Atau jika ingin anjing berkarakter setia dan penjaga maka Anda bisa memilih siberian husky. Anda bisa melakukan pendalaman lebih dulu terhadap karakter berbagai jenis anjing atau jenis yang sudah menarik perhatian Anda. Anda bisa mencari tahunya melalui internet maupun bertanya langsung pada kenalan yang memiliki jenis anjing tertentu.

pilih peternak atau penjual anjing yang tepat

  • Kedua, pilih peternak atau penjual anjing yang tepat. Tidak semua orang memahami bagaimana ciri anjing berkualitas. Sekalipun berusaha mengetahui, mungkin tidak akan bisa maksimal. Oleh karena itu, salah satu tips untuk Anda adalah tepat dalam memilih peternak atau penjual yang sudah memiliki nama baik. Anda bisa bertanya pada kenalan Anda di mana membeli anjing miliknya. Dengan memilih peternak atau penjual yang sudah punya nama baik, maka bisa mengurangi kekhawatiran Anda tentang kemungkinan-kemungkinann buruk yang ada.

pilih anjing yang masih kecil atau perhatikan usia anak anjing

  • Ketiga, pilih anjing yang masih kecil atau perhatikan usia anak anjing yang Anda pilih. Sebaiknya memang memelihara anjing sejak usianya masih kecil sehingga lebih mudah melakukan pendekatan. Selain itu, kita bisa melihat bagaimana kemungkinan karakter anjing kecil dari induknya. Namun, meski memilih anjing dengan usia kecil, tetap perhatikan batas minimal usianya. Pasanya, jika terlalu kecil, maka anak anjing biasanya belum bisa berpisah dengan induknya. Hal tersebut akan bisa berpengaruh pada kesehatan anak anjing. Tentu Anda juga tak akan tega memisahkan anak anjing dari induknya saat usianya masih kecil bukan? Minggu ke-12 setelah kelahiran terbilang waktu minimal untuk melakukan pengadopsian.

tes kesehatan sebelum membeli dan bawa ke dokter setelahnya

  • Keempat, tes kesehatan sebelum membeli dan bawa ke dokter setelahnya. Sebelum benar-benar memilih salah satu anjing untuk dipelihara, maka lakukan tes kesehatan lebih dulu. Pastikan bahwa anjing yang Anda pilih aman dan bebas dari penyakit. Tanyakan juga banyak hal pada pemilik atau peternak anjing. Setelah itu, tetap bawa anjing yang sudah dipilih ke dokter hewan untuk mendapatkan pemberian vaksin dan vitamin terntentu sebagai langkah penjegahan.

About the author: Eugene Turner