Tips Menjaga Bulu Anjing Dari Kerontokan

Tips Menjaga Bulu Anjing Dari Kerontokan

Rhiannon-Cavaliers – Anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan. Hampir semua dari jenis anjing yang ada banyak dijadikan sahabat manusia dengan dijadikan hewan peliharaan. Dilihat dari bulunya, ada setidaknya 2 kategori anjing yang paling sering dijumpai di sekitar kita, yaitu Anjing yang memiki Bulu panjang, dan anjing yang memiliki bulu pendek dan cenderung menempel pada kulit.

Tips Menjaga Bulu Anjing Dari Kerontokan

Nah, Hari ini saya akan membahas bagaimana cara merawat anjing yang memiliki bulu yang panjang akar bulu dari anjing tersebut terhindar dari kerontokan. Namun sebelum itu, rontok nya bulu Anjing bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah saat proses alami bernama shedding, kurangnya asupan nutrisi, faktor keturunan, sebagai indikasi kondisi kesehatan, dan lain sebagainya. Untuk itu selain menanggulangi kerontokan anda sebagai pemilik juga harus memperhatikan apa saja penyebab anjing Anda mengalami kerontokan kemudian berusaha menghindari penyebab tersebut sehingga bulu anjing Anda dapat terhindar dari kerontokan. Hal itu dinamakan mencegah sebelum mengobati. Adapun beberapa cara baik untuk mencegah maupun mengobati kerontokan yang terjadi pada bulu anjing adalah sebagai berikut

Yang pertama adalah berikan nutrisi yang cukup dan seimbang melalui asupan makanan. Anjing memiliki kebutuhan akan nutrisi yang apabila tidak dipenuhi dapat mengganggu tumbuh kembang hingga kesehatannya. Salah satu bentuk gangguan yang muncul dari kurangnya pemenuhan nutrisi pada si anjing adalah rontoknya bulu anjing. Untuk itu ketika anjing Anda mengalami kerontokan bulu yang cukup signifikan anda perlu mengevaluasi ulang, Apakah anda sudah memberikan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup dengan kebutuhan atau belum. Selanjutnya adalah dengan memberikan treatment atau perawatan yang baik.

Perawatan kepada anjing biasanya dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu. Perawatan yang diberikan berupa memandikan anjing hingga bersih dan juga memberikan vitamin pada bulu anjing berupa shampo khusus yang memiliki fungsi untuk menguatkan dan memperhalus tekstur dari bulu anjing tersebut. Jika anda memiliki uang lebih dan memiliki waktu, Anda dapat membawa anjing Anda sekali sekali untuk perawatan di salon khusus hewan. Di sana peralatan dan produk yang digunakan untuk memberikan Perawatan pada anjing kesayangan kita lebih lengkap sehingga kulit dan bulunya akan menjadi lebih sehat dan cantik dan terhindar dari kerontokan.

Menjaga Bulu Anjing

Selanjutnya adalah membawa anjing anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter hewan. Hal ini selain bertujuan untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit khususnya yang dapat menyebabkan kerontokan pada hewan peliharaan Anda,  juga untuk mengetahui apabila ada penyakit yang bersarang pada anjing agar segera dapat disembuhkan. Selanjutnya, beberapa orang berpendapat bahwa stres juga dapat membuat anjing kehilangan bulunya. Untuk itu penting bagi anda untuk meluangkan waktu agar dapat bermain dengan anjing anda sehingga ia tidak merasa jenuh dan kemudian stres.

Berikan kasih sayang yang berlimpah sehingga anjing akan merasa senang. Anjing merupakan hewan yang sangat peka akan perlakuan yang kita berikan kepadanya sehingga pada saat kita memutuskan untuk memeliharanya kita diwajibkan untuk menjaganya dengan penuh kasih. Perlakukan dia sebagaimana Anda memperlakukan sesama makhluk. Karena dengan memutuskan untuk memeliharanya, sudah merupakan kewajiban kita untuk menjamin kesehatan keselamatan dan kebahagiaan nya. Anjing yang sehat dan bahagia memiliki penampakan fisik yang sempurna seperti bulu yang tebal kulit yang sehat mata jernih serta lincah.

About the author: Eugene Turner

Has one comment to “Tips Menjaga Bulu Anjing Dari Kerontokan”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. andrian - January 20, 2018 at 9:07 am Reply

    nice. . . yq

Leave a Reply

Your email address will not be published.